Berita Bola,Dua tim kuda hitam, Islandia dan Hungaria akan saling berhadapan dalam matchday 2 Grup F Piala Eropa 2016. Meski bukan tim unggulan, kedua tim ini tampil cukup impresif dalam laga perdananya.

Islandia yang merupakan tim debutan Piala Eropa, mampu menahan imbang Portugal 1-1 di laga perdananya. Meski kalah kualitas materi pemain, kolektivitas permainan dan pertahanan solid Islandinga, membuat Cristiano Ronaldo cs kesulitan memenangi pertandingan.

Begitu juga dengan Hungaria. Setelah absen dalam 44 tahun gelaran Piala Eropa, Hungaria kini kembali dengan membawa ambisi besar. Runner-up Piala Dunia 1938 dan 1954 ini juga berhasil memetik kemenangan di partai perdananya, kala mengalahkan Austria 2-0.

Dengan mengandalkan kolektivitas tim, Islandia dan Hungaria masih berpeluang lolos ke babak 16 besar. Khusus untuk Hungaria, pasukan Bernd Storck akan bisa melangkah ke fase knock out, andai mampu mengalahkan Austria dalam laga malam nanti.

Setelah memetik kemenangan di laga pertama, Adam Szalai cs butuh satu kemenangan lagi untuk bisa menginjakkan kakinya di fase tersebut.

Sementara bagi Islandia, poin penuh juga wajib diraih Eidur Gudjohnsen cs untuk menjaga peluang lolos ke 16 besar. Andai bisa memetik kemenangan atas Hungaria, peluang Islandia mencetak sejarah lolos ke 16 besar akan terbuka lebar.

Dalam 10 pertemuan terakhir kedua tim, Hungaria memang masih dominan atas Islandia. Hungaria mampu memetik tujuh kemenangan dan hanya menelan tiga kekalahan. Dalam pertemuan terakhir bulan Agustus 2011 lalu, Hungaria mampu menggasak Islandia dengan skor 4-0.

Lima fakta menarik Islandia vs Hungaria:

1. Dalam 10 pertandingan terakhir, Hungaria meraih tujuh kemenangan dan hanya menelan tiga kekalahan.

2. Dalam lima laga terakhir, Hungaria hanya menelan sekali kekalahan kontra Jerman di laga uji coba. Selain itu, Gabor Kiraly cs mampu memetik dua kemenangan dan dua hasil seri.

3. Islandia hanya mampu memetik sekali kemenangan dalam lima laga terakhirnya. Satu-satunya kemenangan Islandia dalam lima laga terakhir dipetik saat mengalahkan Belanda 1-0 dalam laga kualifikasi Piala Eropa 2016. Selebihnya, Islandia memetik tiga hasil imbang dan menelan sekali kekalahan.

4. Enam penyelamatan yang dilakukan oleh kiper Islandia, Hannes Halldorsson, dalam laga kontra Portugal adalah yang tertinggi di ajang Piala Eropa. Halldorsson mencetak penyelamatan paling banyak dalam satu pertandingan, melewati kiper Inggris Joe Hart di Pialla Eropa 2012.

5. Kedua tim sama-sama memiliki dua pemain veteran yang masih akan tampil dalam laga nanti. Hungaria akan diperkuat kiper, Gabor Kiraly yang sudah berusia 40 tahun. Sedang di kubu Islandia, ada nama bomber gaek, Eidur Gudjohnsen, yang saat ini sudah berusia 37 tahun.