Berita Bola,    Conte Kritik Penggunaan VAR

Pelatih Chelsea, Antonio Conte, mengkritik penggunaan sistem video assistant referee (VAR) dalam pertandingan di Inggris. Conte menilai penggunaan sistem baru yang diterapkan untuk membantu wasit ini harus segera diperbaiki agar bisa berjalan dengan baik.

Kritik ini disampaikan Conte setelah Chelsea melakoni laga lanjutan Piala FA menghadapi Norwich City pada Kamis 18 Januari 2018 dini hari WIB. Dalam laga tersebut, Chelsea meraih kemenangan lewat adu penalti, sebab hingga waktu normal dan perpanjangan waktu habis skor tetap bertahan 1-1.

Conte menilai Chelsea mendapat banyak kerugian karena penggunaan VAR yang tidak tepat dalam laga tersebut. Padahal, Graham Scott yang menjadi wasit dalam pertandingan itu membuat keputusan yang tidak semestinya. Namun, pengawas VAR dalam pertandingan tersebut, yakni Mike Jones, menilai tidak ada hal yang salah dari keputusan Scott, sehingga insiden yang terjadi tidak ditinjau ulang dalam VAR.

Keputusan Scott yang dinilai Conte tidak sesuai adalah kartu merah yang diberikan kepada Pedro dan Alvaro Morata saat perpanjangan waktu. Menurut Conte, kedua pemainnya tersebut tidak melakukan kesalahan fatal sehingga harus dikeluarkan dari lapangan.

{ Baca juga : ” Barcelona Tebus Klausul Pelepasan Griezmann ” }

Tak hanya itu, Conte juga menilai The Blues –julukan Chelsea– seharusnya mendapatkan beberapa penalti dalam laga tersebut. Namun, Scott tidak menggubris pelanggaran yang dibuat pemain Norwich terhadap penggawa Chelsea.

Salah satu penalti seharusnya didapatkan Chelsea atas pelanggaran yang dilakukan Timm Klose terhadap Willian. Namun, Scott menilai Klose tidak melakukan pelanggaran dan malah memberikan kartu kuning kepada Willian karena dinilai melakukan diving.

“Saya pikir kami perlu memperbaikinya jika ingin menggunakan sistem baru ini. Dalam pertandingan ini, ada insiden yang sangat jelas dialami Willian. Saya pikir insidennya sangat jelas dan saya menyaksikannya,” ujar Conte, sebagaimana dikutip dari Website Alternatif SBOBET 2018 , Jumat (19/1/2018).

“Penonton yang menyaksikan laga ini pasti akan meragukan kartu kuning yang diberikan wasit kepada Willian. Sebab, memang ada tendangan ke Willian. Pada kasus ini, mereka seharusnya memberi tahu wasit bahwa tidak ada pelanggaran yang dilakukan Willian,” lanjut Conte.

Meski kecewa dengan hasil pertandingan tersebut, Conte tetap menghargai dan menerima keputusan yang diberikan Scott selama pertandingan berlangsung. Namun, ia berharap ada koreksi besar yang dilakukan penyelenggara terhadap penggunaan sistem VAR dan juga wasit agar keduanya bisa bekerja dengan baik.