BERITA BOLA, Hadir dengan Trio MSD di Liga Spanyol 2017-2018, Bisa Apa Barcelona?

TIRAI Liga Spanyol 2017-2018 segera disibak, tentu menarik mengupas kekuatan tim-tim partisipan, tak terkecuali Barcelona. Ya, raksasa Catalan yang superioritasnya mulai digerus sang rival abadi, Real Madrid, dalam beberapa musim terakhir.

Musim lalu contohnya. Memang tidak sampai berada di titik nadir, namun hanya menjuarai Copa del Rey tentu merupakan prestasi minor bagi klub sebesar Barca. Apalagi di sisi lain, Madrid mampu merengkuh double winner, dengan jadi kampiun Liga Spanyol dan Liga Champions!

Tren negatif tersebut bisa dibilang berlanjut meski musim sudah berganti. Kursi kepelatihan berubah, Ernesto Valverde menggantikan Luis Enrique sebagai pelatih kepala Barca.

Sayang, masa kerjanya di Camp Nou baru seumur jagung, namun Valverde sudah mendapat banyak stigma negatif. Ya, banyak kalangan menganggap kalau eks pelatih Athletic Bilbao itu hanyalah entrenador ‘kelas dua’ untuk tim dengan level top seperti Blaugrana.

Jelang bergulirnya musim 2017-2018, Barca juga mendapat dua pukulan telak. Pasif di bursa transfer musim panas 2017, Azulgrana justru harus merelakan megabintang mereka, Neymar Jr cabut ke Paris Saint-Germain. Klausul pelepasannya yang bernilai 198 juta pounds ditebus raksasa Prancis tersebut, Barca pun hanya bisa gigit jari!

[ Baca Juga : ” Liverpool Gagah di Pramusim namun Gagal Menang pada Laga Pembuka Liga Inggris, Ini Pembelaan Klopp ” ]

Barca memang ‘memulangkan’ winger Gerard Deulofeo dari Everton dan menggaet fullback Nelson Semedo dari Benfica untuk mengisi sektor kanan. Namun, dua pembelian ini dirasa belum cukup untuk membuat Barca bisa selevel dengan Madrid saat ini.

Yang teranyar, Barca merekrut Paulinho yang notabene pernah gagal total di Inggris bersama Tottenham Hotspur. Punic buy? Well, sebagaimana pelatih, yang pasti Barca dianggap hanya merekrut sederet pemain ‘kelas dua’.

Sementara itu, pukulan telak kedua yang harus diterima Barca adalah kekalahan memalukan dari Madrid di ajang Piala Super Spanyol 2017 baru-baru ini. Melakoni dua leg, Blaugrana rontok dengan agregat mencolok 1-5!

Kembali ke pasar transfer, Barca memang menemui jalan terjal untuk mendapatkan sosok pengganti yang sepadan bagi Neymar.

Jendela transfer musim panas 2017 akan ditutup kurang dari dua minggu lagi. Namun, usaha mereka memboyong Phillippe Coutinho dari Liverpool atau mengakuisisi Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund masih buntu, meski sejatinya Barca punya uang hasil dari penjualan Neymar.

So, Trio MSN (Lionel Messi-Luis Suarez-Neymar)  telah terpecah. Sekadar informasi saja, trio maut ini selalu sukses menyumbang lebih dari 100 gol untuk Barca di tiga musim terakhir! Lantas, bagaimana Barca bisa menyaingi keperkasaan Madrid di 2017-2018, khususnya di Liga Spanyol?

Well, Messi dan Suarez memang tampaknya harus bekerja ekstra keras sebagai andalan utama Barca di musim ini. Keduanya harus terus benar-benar berada dalam peak performance mereka jika Barca ingin berbicara banyak.

Link Alternatif SBOBET akan coba mengupas kekuatan lini per lini Barca di musim 2017-2018, dengan asumsi Blaugrana tak membeli pemain lagi di musim panas ini, serta Deulofeu sebagai direct replacement bagi Neymar.