Berita Bola, Akhirnya, butuh gol menakjubkan untuk bisa membobol pertahanan alot Polandia. Tendangan salto pemain Swiss, Xherdan Shaqiri, menjadi gol pertama yang masuk ke gawang Polandia di Piala Eropa 2016.

Butuh 351 menit bagi lawan untuk bisa melewati pertahanan Polandia. Kegigihan dan level konsentrasi Robert Lewandowski cs menjadi kunci mereka lolos ke babak delapan besar.

Dari lini depan, meski menjadi tim tersubur di babak kualifikasi (33), Lewandowski dan rekannya di lini depan Arkadiusz Milik baru mencetak satu gol dari 23 tendangan di turnamen ini. Beruntung, Polandia punya pertahanan luar biasa.

Duet bek tengah Michal Pazdan dan Kamil Glik menjadi pemain kunci dalan sukses Polandia melaju ke perempat final. Keduanya selalu bermain di empat pertandingan sejauh ini dan begitu efektif. Hanya Jerman yang memiliki statistik kebobolan lebih baik (0) dari Polandia (1) sejauh ini.

Penampilan gemilang Pazdan dan Glik juga terbukti lewat statistik, dari Opta, yang mereka buat. Hanya bek Inggris, Chris Smalling (10,3), yang memiliki rata-rata clearances lebih banyak dari Glik (10). Sementara itu, Pazdan di urutan 15 (6,3). Melihat sulitnya Polandia menguasai bola, maka peran keduanya amat krusial.

Pazdan dan Glik seakan saling mengisi. Glik lebih andal dalam urusan bola udara, sedangkan Pazdan menjadi bek tengah yang dibutuhkan untuk menghentikan serangan balik cepat, karena kakinya cukup memiliki kecepatan.

Dengan baru satu kebobolan dan duet pertahanan yang solid, Portugal dipastikan tidak akan menghadapi laga mudah pada perempat final Piala Eropa yang bakal bergulir pada Kamis, 30 Juni 2016.

Kerja keras harus ditunjukkan Cristiano Ronaldo cs kalau ingin membongkar pertahanan Polandia. Kalau gagal, siap-siap disingkirkan oleh negara yang satu ini.