Bandar Bola Online

Berita Bola, Sebagai sebuah klub sepakbola, Real Madrid memiliki nama besar yang tidak perlu diragukan lagi. Bahkan Madrid masih tercatat sebagai klub paling berprestasi di Liga Champions dengan torehan 10 gelarnya.

Akan tetapi di balik semua itu, Madrid ternyata juga merupakan klub yang memiliki unsur politik yang sangat kental. Sehingga wajar jika banyak pelatih berkualitas tidak mampu bekerja apik untuk memimpin klub berjuluk Los Merengues ini.

Pernyataan tersebut terlontar dari salah satu pelatih yang pernah merasakan tangan besi manajemen Madrid, yakni Manuel Pellegrini. Ia mengakui bahwa ketika masih menjabat di Madrid, banyak orang-orang yang tidak mengerti sepakbola dan mencampuri kinerjanya.

“Saya bangga bisa mendapat pengalaman menangani klub seperti Real Madrid. Namun apa yang terjadi ketika Anda menangani mereka, Anda harus bisa menerima bahwa mereka bukan sekedar klub, namun juga tim yang penuh dengan nuansa politik,” ucap Pellegrini, seperti dilansir dari Beritabintang, Senin (2/5/2016).

“Hal ini membuat ada seseorang yang tidak punya pengetahuan mengenai sepakbola bisa ikut campur dalam sebuah keputusan. Jika itu terjadi, maka mereka yang mempunyai pengetahuan mengenai sepakbola akan menjadi pihak yang menerima kritik dan disalahkan,” sambungnya.

“Saya kira tidak semua orang siap dengan hal ini. Maka dari itu, saya beruntung bisa melalui salah satu periode tersulit. Madrid sudah memiliki model tertentu dan itu tidak akan pernah berubah, tak peduli apakah tim menang atau kalah,” tuntas manajer berpaspor Cile tersebut.