Berita Bola, LONDON – Mantan pemain Arsenal, Alan Martin Smith, terkejut dengan keputusan manajemen Leicester City yang memecat Claudio Ranieri. Smith menilai keputusan itu merupakan yang paling menghebohkan di dunia sepakbola dalam kurun 10 tahun terakhir.

Tidak heran Smith yang juga pernah berseragam The Foxes –julukan Leicester– berpendapat demikian. The Tinkerman –julukan Ranieri– adalah sosok yang mengangkat Leicester ke jajaran klub papan atas Inggris, bahkan Eropa.

Ditunjuk sebagai pelatih pada musim panas 2015, allenatore berpaspor Italia mengejutkan dunia dengan membawa Leicester menjadi kampiun Liga Inggris 2015-2016. Padahal, Leicester tidak diperkuat pemain bintang saat itu, sebelum akhirnya nama-nama seperti Jamie Vardy, Riyad Mahrez dan N’Golo Kante mencuat di musim tersebut.

Baca Juga: “ Antoine Griezmann Harus Jadi Pemain Man United!

Namun sayang, performa apik di musim 2015-2016 tidak mampu dipertahankan pada kompetisi 2016-2017. Setelah tersingkir dari arena Piala FA dan Piala Liga Inggris, Leicester saat ini hanya menduduki posisi 17 hingga Liga Inggris 2016-2017 memasuki pekan 25.

Meski Ranieri masih membawa Leicester eksis di Liga Champions, hal itu belum cukup bagi manajemen Leicester. Klub asal wilayah East Midlands membutuhkan perubahan ke arah positif demi menyelamatkan masa depan klub. Pemecatan Ranieri dinilai sebagai solusi tepat untuk merealisasikan hal itu.

“Saya terperangah (ketika mendengar kabar pemecatan Ranieri). Kami melihat beberapa kejutan di sepakbola dalam 10 tahun terakhir, namun ini yang paling menghebohkan. Sebab Ranieri begitu sukses musim lalu,” kata Smith mengutip dari Link Alternatif, Jumat (24/2/2017).