BERITA BOLA, Waduh! Gara-Gara Urusan Diplomasi, Laga Korea Utara vs Malaysia Diundur

Asian Football Confederation (AFC) mengumumkan kabar diundurnya pertandingan antara Tim Nasional (Timnas) Korea Utara kontra Malaysia pada Kualifikasi Grup B Piala Dunia zona Asia. AFC memutuskan laga diundur pada 8 Juni 2017 dan akan memilih willayah yang netral sebagai tempat pertandingan.

Timnas Malaysia dijadwalkan akan bertandang ke markas Korea Utara di Stadion Kim Il-sung, Pyongyang.  Beberapa hari jelang pertandingan digelar, laga yang sejatinya digelar pada 28 Maret 2017 itu harus diundur karena alasan diplomasi.

Seperti diberitakan sebelumnya, hubungan Korea Utara dan Malaysia  memanas setelah kasus pembunuhan Kim Jong-nam, adik tiri dari Kim Jong-un, orang nomer satu di Korea Utara. Akibat kasus tersebut, warga Malaysia yang berada di Korea Utara dilarang meninggalkan wilayah kekuasaan Kim Jong-un itu.

[ Baca Juga : ” Sempat Dirumorkan Bakal Gabung Chelsea, Agen Tegaskan Kalidou Koulibaly Bertahan di Napoli ” ]

AFC memberikan tenggat waktu hingga 14 April kepada pihak Korea Utara sebelum menentukan stadion yang akan digunakan pada pertandingan melawan Malaysia. Selain itu, pemerintah Malaysia sendiri melarang para pemain Harimau Malaya –julukan Timnas Malaysia– untuk pergi ke wilayah Korea Utara demi alasan keamanan.

“Kami akan menunggu mereka (Korea Utara) hingga 14 April untuk memberikan tempat yang netral sebagai arena pengganti, karena saat ini situasi diplomatik belum terselesaikan,” ucap Windsor Paul John, Sekretaris Jenderal AFC dalam konferensi pers di Markas AFC, Kuala Lumpur, Seperti di laporkan oleh LinkAlternatif SBOBET ,Rabu (22/03/2017).